Tips Desain Web untuk Meningkatkan Konversi Online
November 15, 2020 Website
Prioritaskan Desain
Penampilan mungkin bukan segalanya saat membuat situs web tetapi mereka bisa berkontribusi banyak. Berdasarkan studi terbaru, pengguna dapat menentukan kredibilitas situs web berdasarkan desainnya dan Adobe menunjukkan bahwa 68% konsumen mengatakan bahwa desain berkualitas baik adalah kunci untuk mendapatkan pengalaman online yang positif. Saat pengunjung memiliki pengalaman pengguna yang baik di situs, ada kemungkinan lebih tinggi bahwa mereka akan menjadi pelanggan.
Pilih Warna yang Tepat
Pilihan warna yang tepat selalu menjadi faktor penting dalam hal pemasaran dan pengemasan produk dan ada beberapa penelitian yang menunjukkan pengaruh warna terhadap keputusan pembelian. Sebuah survei tahun 2019 mengungkapkan bahwa 85% konsumen membeli suatu produk karena warnanya. Warna juga penting di situs web karena 52% pengguna online mengatakan bahwa mereka hanya kembali ke situs yang memiliki warna mencolok dan estetika menarik secara keseluruhan. Dalam mendesain situs web, selalu ada keharusan untuk memilih kombinasi warna mencolok yang paling mewakili citra merek dan mendorong suasana hati yang mereka inginkan untuk dialami pelanggan saat mengunjungi situs.
Optimalkan untuk Penggunaan Seluler
Karena sebagian besar pengguna online mengakses situs web dengan menggunakan perangkat seluler, sangat penting untuk memberikan pengalaman yang baik kepada pengguna seluler. Cara efektif untuk melakukannya adalah dengan memastikan bahwa semua titik konversi termasuk tombol ajakan bertindak dapat dengan mudah dijangkau oleh ibu jari.
Pertimbangkan Aturan Sepertiga
Prinsip desain ini telah digunakan di dunia cetak dan sekarang dalam desain web, yang digunakan untuk mengetahui tempat terbaik halaman, di mana menyertakan konten utama tergantung di mana pandangan mata pengguna saat itu juga. Bayangkan kisi tic-tac-toe pada halaman web, yang memisahkan halaman secara horizontal dan vertikal, keempat sudut persegi di tengah adalah tempat terbaik untuk memasukkan konten penting seperti ajakan bertindak dan header.
Sertakan Tombol Ajakan Bertindak (CTA) yang Kuat
Pengguna mengklik tombol ajakan bertindak setiap kali mereka ingin memulai konversi sehingga harus ada tombol CTA yang kuat untuk memberikan tingkat konversi yang lebih tinggi. Menurut penelitian, tombol CTA yang memberikan tingkat konversi tertinggi adalah yang berwarna hijau, oranye, dan merah karena warna tersebut menarik perhatian pengguna saat mereka menonjol di halaman.
Kurangi Pilihan
Studi mengungkapkan bahwa jika pengguna diberikan lebih banyak opsi, dibutuhkan waktu lebih lama bagi mereka untuk memutuskan. Orang dapat meningkatkan rasio konversi mereka dengan membatasi jumlah pilihan yang diberikan kepada pengguna. Jika ada tindakan utama yang mereka ingin agar diikuti pengguna, mereka memerlukan jalur yang jelas ke tindakan itu dan bukan daftar opsi yang berbeda.
Related Posts
Categories
- Tutorial(35)
- Uncategorized(1)
- Website(144)