Tip untuk Menulis Konten Web yang Mengesankan
November 29, 2020 Website
Itu adalah kesalahan umum.
Bahkan penulis web berpengalaman pun membuatnya.
Saat menulis salinan web Anda, siapa yang Anda pikirkan?
Apakah Anda membayangkan calon pelanggan membaca teks Anda? Dan apakah Anda berpikir tentang apa yang membuatnya – atau dia – klik?
Itulah yang dilakukan kebanyakan penulis web.
Mereka memperlakukan pengunjung web mereka seperti manusia yang suka membaca.
Mereka memperlakukan pengunjung web mereka seperti pembaca teks cetak.
Tapi itu salah. Sangat salah. Karena salinan web sama sekali berbeda dari salinan cetak.
Salinan web dipindai. Atau melirik. Tidak membaca.
Ingin menulis konten web yang lebih baik?
Pengunjung web Anda sedang berburu informasi atau produk. Mereka membuat keputusan cepat tanpa berpikir.
Jadi, bagaimana Anda dapat meyakinkan pengunjung web untuk mengambil tindakan jika mereka tidak membaca teks Anda?
Biar saya jelaskan …
Di bawah ini, ikuti 9 tip untuk menulis salinan persuasif untuk web.
Siap?
1. Perlakukan pengunjung web Anda seperti hewan liar
Pengunjung situs Anda berperilaku seperti binatang liar (sumber: Kotak Peringatan Jakob Nielsen).
Mereka berburu informasi atau produk untuk dibeli – seperti macan kumbang yang lapar berburu untuk makanan berikutnya.
Ketika seekor macan kumbang mengendus jejak aroma, dia dengan cepat memutuskan: apakah jejak aroma itu akan menghasilkan makanan yang enak? Dan apakah itu akan mudah ditangkap?
Pengunjung web Anda mempertimbangkan dua hal yang sama: Apakah situs web Anda menawarkan apa yang mereka cari? Dan dapatkah mereka menemukannya dengan mudah?
Macan kumbang yang lapar tidak suka membuang-buang waktu untuk makan. Dan pengunjung web Anda tidak ingin menjelajahi situs web Anda selama beberapa menit untuk menemukan produk yang mereka cari. Mereka ingin menemukannya dengan cepat.
Sama seperti macan membuat keputusan cepat apakah akan mengikuti jejak aroma atau tidak, pengunjung web Anda memutuskan dengan cepat apakah situs Anda berguna atau tidak. Jadi, jika situs Anda terlihat rumit dengan banyak opsi untuk dipilih, mereka mengklik untuk melihat situs web lain.
Pengunjung web dengan cepat melihat halaman web Anda sebelum menebak apakah mereka berada di tempat yang tepat atau tidak. Mereka tidak perlu tahu pasti. Mereka hanya ingin membuat keputusan cepat.
Jika pengunjung web Anda hanya melihat sekilas ke situs web Anda, bagaimana Anda menyampaikan pesan Anda?
2. Tempatkan informasi terpenting Anda terlebih dahulu
Menulis untuk web sangat berbeda dengan menulis esai atau makalah.
Esai mungkin seperti ini: Pertama, jelaskan apa yang akan Anda diskusikan. Kemudian, berikan gambaran umum dari literatur tersebut. Selanjutnya, diskusikan; dan akhirnya menarik kesimpulan Anda. Poin terpenting yang Anda buat adalah kesimpulan – di akhir esai Anda!
Di halaman web Anda harus melakukan yang sebaliknya: poin terpenting Anda selalu didahulukan.
Contoh: Anda sedang mencari sofa tiga dudukan merah baru. Ketika Anda tiba di sebuah situs web, Anda ingin melihatnya menjual sofa. Dan kedua, Anda menginginkan kotak telusur sehingga Anda dapat mengetahui dengan cepat seperti apa sofa tiga tempat duduk berwarna merah itu.
Atau katakanlah Anda sedang mencari copywriter untuk situs web Anda. Mungkin Anda sedang mencari seseorang yang lokal, jadi Anda perlu melihat copywriter yang berbasis di Manchester yang dekat. Atau mungkin copywriter Anda perlu memahami terminologi medis, jadi Anda ingin melihat judul seperti copywriting untuk industri medis.
Informasi yang paling penting bagi pengunjung web Anda seringkali merupakan pernyataan sederhana tentang apa yang Anda lakukan. Setelah mereka memahami apa yang Anda lakukan, mereka mungkin ingin mengetahui beberapa detail penting. Dan kemudian – mungkin mereka ingin mengetahui beberapa informasi latar belakang.
Wartawan menyebut cara penulisan ini sebagai piramida terbalik. Dalam artikel surat kabar, informasi yang paling layak diberitakan didahulukan sebelum informasi rinci dan latar belakang. Sekalipun Anda hanya membaca paragraf pertama dari sebuah cerita surat kabar, Anda masih memahami gambaran besarnya.
Itu sama di situs web Anda. Pelanggan Anda ingin mengetahui gambaran besarnya terlebih dahulu. Pada dasarnya: Apa yang Anda lakukan? Atau apa yang dapat Anda lakukan untuk mereka?
3. Jangan mencoba menjadi pintar atau kreatif
Di web, jarang ada pembaca yang bergantung pada setiap kata yang Anda tulis. Dia tidak punya waktu. Dia sedang terburu-buru karena dia dapat memeriksa beberapa jejak bau lainnya – situs web – daripada membuang waktu untuk mencari tahu apa yang Anda lakukan.
Pernyataan sederhana sering kali paling berhasil.
[W]ika saya melihat halaman Web, itu harus terbukti dengan sendirinya. Jelas. Cukup jelas. ~ Steve Krug.
Ungkapan yang cerdas menuntut orang untuk berpikir. Dan meminta orang untuk berpikir, tidak berhasil di web karena pengunjung web sedang berburu – mereka tidak punya waktu untuk berpikir. Jadi buat salinan web Anda sesederhana mungkin.
Tulislah seolah-olah Anda sedang menulis untuk anak berusia 12 tahun karena itu membuat salinan Anda mudah diikuti. Dan berhati-hatilah dengan lelucon kecuali Anda benar-benar yakin audiens target Anda akan mengerti.
4. Menulis untuk pemindai
Berapa banyak orang yang membaca halaman web?
Hampir tidak ada orang!
[What most web visitors do] adalah melihat sekilas setiap halaman baru, memindai sebagian teks, dan mengklik link pertama yang menarik minat mereka atau secara samar-samar terlihat seperti yang mereka cari. – Steve Krug
Penelitian menunjukkan bahwa hanya 16% orang yang membaca halaman web kata demi kata. Kebanyakan orang memindai. (sumber: Kotak Peringatan Jakob Nielsen).
Bagaimana Anda bisa menulis untuk pemindai? Daftar periksa:
Apakah judul Anda menyampaikan tentang Anda?
Apakah keterangan gambar Anda mengkomunikasikan pesan penjualan?
Apakah sub judul Anda merangkum poin-poin utama Anda?
Apakah bullet point yang mudah dipindai mengurangi wordiness?
Pengunjung web Anda sedang berburu informasi atau produk. Pastikan dia dapat memahami informasi terpenting Anda hanya dengan melihat sekilas halaman web Anda.
5. Gunakan kata-kata yang sudah dikenal
Sebagai pembaca web, kami adalah pemburu-pengumpul sekali lagi – hanya kali ini, alih-alih memindai cakrawala untuk mencari mangsa, kami memindai halaman untuk mencari kata kunci. Saat kita melihat kata-kata ini, kita mengklik, kita bertindak. ~ Gerry McGovern
Bayangkan Anda ingin terbang ke Bangkok untuk liburan dan Anda sedang mencari penerbangan murah. Apa yang akan Anda cari: penerbangan hemat, tarif rendah, atau penerbangan murah ke Bangkok?
Tidak ada yang mencari penerbangan hemat biaya. Seperti yang ditunjukkan Alat Kata Kunci Google murah adalah apa yang dicari orang:
Hasil pencarian kata kunci yang menunjukkan harga murah jauh lebih populer daripada tarif rendah dan hemat biaya
Kebanyakan orang mencari penerbangan murah
Kata kunci adalah kata-kata yang dicari orang. Kita sering kali ingin membuat diri kita terdengar lebih baik daripada yang sebenarnya. Kami mencoba memperindah apa yang kami lakukan. Kami mencoba terdengar ilmiah, mewah atau khusus. Tetapi pengunjung web Anda mencari kata-kata yang sudah dikenal – kata kunci – karena kata-kata itu adalah jejak aroma yang memberi tahu dia bahwa dia berada di tempat yang tepat.
6. Menulis untuk orang malas
Sama seperti macan kumbang yang malas mencari tangkapan yang mudah untuk makan malamnya, pengunjung web Anda tidak ingin berusaha membaca teks Anda.
Buat salinan Anda mudah dibaca:
Gunakan paragraf pendek – maks empat kalimat
Gunakan kalimat pendek – rata-rata dua belas
Lewati kata-kata yang tidak perlu
Hindari jargon dan gobbledygook
Hindari kalimat pasif
Hindari pengulangan yang tidak perlu
Tangani langsung pengunjung web Anda-gunakan kata Anda
Persingkat teks Anda
Seberapa pendek teks Anda? Steve Krug menyarankan Anda untuk membuang setengah kata di setiap halaman, dan kemudian membuang setengah dari yang tersisa. Itu mungkin target yang terlalu menuntut, tapi cobalah. Tentukan sendiri tantangan dan buat teks Anda sesingkat mungkin.
7. Berharap orang datang ke mana saja di situs web Anda
Orang biasanya membaca buku dari bab satu, melalui bab dua hingga tiga dan empat dll.
Sekarang, bayangkan orang mengambil buku dan mulai membaca di suatu tempat secara acak. Mungkin di awal bab terakhir, mungkin di tengah bab tiga, atau di halaman terakhir bab satu.
Seperti itulah web itu. Sebagian besar pengunjung web tidak akan mulai membaca di beranda Anda. Mereka mungkin tiba di salah satu halaman web Anda.
Jika Anda tidak tahu di mana orang tiba di situs web Anda, buka Google Analytics >> Konten Situs >> Laman Landas. Anda dapat melihat dengan tepat berapa banyak pengunjung web yang tiba di setiap halaman web.
Jika setiap halaman web dapat menjadi halaman entri, apa artinya?
Setiap halaman harus mudah dipindai
Setiap halaman harus menjelaskan kepada orang-orang di mana mereka berada; dan tentang apa situs Anda
Setiap halaman harus memiliki ajakan bertindak yang memberi tahu orang-orang ke mana harus pergi berikutnya untuk membaca posting blog lain, mendaftar untuk buletin email Anda, melihat deskripsi atau testimonial produk terperinci, meminta penawaran atau menambahkan produk ke keranjang belanja
Jangan mengandalkan bilah navigasi Anda untuk memberi tahu orang apa yang harus dilakukan selanjutnya. Sertakan tombol atau tautan untuk memandu orang mengambil langkah berikutnya. Di setiap halaman.
8. Memudahkan para pemburu untuk menemukan Anda
Calon pelanggan memburu informasi atau produk.
Bagaimana Anda dapat membantu mereka menemukan Anda?
Pikat calon pelanggan ke situs web Anda dengan memberikan informasi yang berguna. Begitulah cara kerja SEO (Search Engine Optimization) pada dasarnya:
Jawab pertanyaan yang ditanyakan calon pelanggan
Diskusikan satu topik kunci untuk setiap halaman
Sertakan link ke halaman yang relevan di situs Anda sendiri atau ke situs lain
Gunakan frasa dan kata yang dicari calon pelanggan Anda
Di atas segalanya: Bermanfaat.
9. Ciptakan kesan visual
Salinan web dan desain web harus bekerja sama.
Anda tidak dapat menulis kata-kata Anda, Anda tidak dapat membuat kalimat Anda, Anda dapat membuat poin-poin Anda, tanpa mempertimbangkan bagaimana halaman web Anda akan terlihat.
Daya tarik visual situs web Anda memengaruhi keterbacaan teks Anda; dan memengaruhi apakah pengunjung web dapat dengan cepat mengetahui tentang Anda.
Cara meningkatkan daya tarik visual salinan web Anda:
Ganti teks dengan foto atau video
Pertimbangkan ukuran font yang berbeda – pikirkan tentang orang yang memindai teks besar terlebih dahulu
Tekankan kutipan pelanggan (atau ahli) untuk menambah kredibilitas
Bermain-main dengan sorotan, teks tebal, CAPS, atau miring
Bagi judul yang panjang menjadi judul dengan subjudul
Ubah paragraf menjadi poin-poin
Yang terpenting: de-clutter. Kurangi noise dan tambahkan ruang putih. Tidak hanya akan membuat situs web Anda lebih mudah dibaca, itu juga akan meningkatkan kepercayaan yang Anda rasakan (sumber: Pemicu Sosial).
Kebenaran tentang menulis salinan web persuasif
Saya ingin memberi tahu Anda bahwa menulis salinan web yang persuasif itu mudah.
Tetapi kenyataannya adalah bahwa menulis salinan yang sederhana dan bermanfaat itu sulit.
Jangan perlakukan pengunjung web Anda seperti akademisi yang suka membaca teks yang menantang dan rumit. Jangan perlakukan pengunjung web Anda seperti pengacara yang meneliti tulisan kecil. Jangan bertele-tele. Dan jangan pamerkan kosakata Anda yang luas.
Alih-alih, buat teks Anda sesederhana mungkin.
Jangan mencoba menjadi segalanya bagi semua orang. Ketahui siapa Anda dan apa yang Anda lakukan.
Jika pemosisian Anda jelas, jauh lebih mudah untuk menonjol di web dan ditemukan. Jika pesan Anda jelas, jauh lebih mudah untuk membuat salinan web persuasif.
Jelas. Bersikaplah spesifik. Diperjelas.
Ingin meningkatkan keterampilan menulis Anda lebih jauh?
Bergabunglah dengan Kursus Menulis Makanan Ringan 16 Bagian (gratis!):
Temukan Kekuatan Simpul Halus dan trik persuasif lainnya
Pelajari cara menyembuhkan kalimat yang membengkak dan hindari membuat pembaca Anda kesal
Dapatkan 16 tip sederhana untuk menulis konten yang lebih menggoda dan memenangkan lebih banyak bisnis
Related Posts
Categories
- Tutorial(35)
- Uncategorized(1)
- Website(144)