Tips SEO untuk Mendapatkan Website Anda ke Atas Mesin Pencari
February 15, 2021 Website
Ketika berbicara tentang keberhasilan pemasaran digital dan menemukan pelanggan baru melalui web, pengoptimalan kata kunci adalah salah satu alat terpenting yang dapat Anda pertaruhkan. Pengoptimalan kata kunci atau penelitian kata kunci adalah tindakan meneliti, menganalisis, dan memilih kata atau konsep terbaik yang sangat penting bagi produk, layanan, atau kampanye Anda untuk menargetkan dan mengarahkan lalu lintas dari mesin pencari seperti Google ke situs web Anda dan platform digital lainnya.
Membuat situs web atau blog Anda di halaman pertama mesin pencari bisa menjadi tugas yang menakutkan jika Anda tidak memahami dasar-dasar pengoptimalan. Meskipun tutorial ini tidak menjamin Anda tempat pertama di mesin pencari utama, tutorial ini menunjukkan apa yang perlu dilakukan seseorang untuk berada di permainan Search Engine Optimization.
Ini jauh lebih mudah daripada yang Anda pikirkan dan artikel ini adalah untuk memandu, membantu, dan memberi Anda dasar dan kunci untuk pengoptimalan mesin telusur yang sukses:
Langkah 1. Pilih kata kunci yang tepat
Sulit untuk menjadi yang terbaik dalam segala hal dan itu termasuk Pengoptimalan Kata Kunci. Langkah pertama untuk mencapai bagian atas hasil pencarian adalah mengidentifikasi kata kunci yang tepat. Ini bisa berupa satu atau beberapa kata atau seluruh frasa. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, sebagian besar pencarian di internet dilakukan dalam bentuk pertanyaan. Oleh karena itu, sebelum Anda mulai menuliskan kata kunci, Anda perlu memutuskan kata kunci mana yang ingin Anda fokuskan. Ini adalah kata-kata yang akan diketik orang ke mesin pencari untuk menemukan halaman, blog, situs web, atau produk Anda.
Sangat penting bahwa kata yang Anda pilih sebagai kata kunci cukup luas bagi banyak orang untuk mencari di internet, tetapi cukup sempit sehingga Anda memiliki peluang yang layak untuk mendapatkan peringkat pencarian yang tinggi di mesin pencari dan hasil.
Misalnya, kata “sepatu” terlalu umum. Namun, “Di mana saya dapat menemukan sepatu murah secara online” adalah salah satu yang cukup bagus. Demikian pula, kata “Eropa” terlalu umum dan situs Wiki biasanya akan mendominasi tempat teratas ini. Jadi, “tujuan liburan terbaik di Eropa” adalah ungkapan yang jauh lebih baik untuk difokuskan.
Berikut tips utama saya untuk memilih Kata Kunci yang tepat:
1. Mulailah dengan pelanggan
Pikirkan tentang siapa target audiens atau pelanggan Anda. Apa yang mungkin mereka ketik di bilah pencarian saat mereka mencari jawaban di mana layanan Anda dapat membantu mereka? Mengapa tidak bertanya kepada pelanggan yang sudah ada apa yang akan mereka cari?
2. Timbang persaingan
Meskipun penting bagi Anda untuk memilih kata-kata yang mungkin diketik oleh banyak audiens target Anda ke dalam mesin pencari, kata-kata itu tidak boleh menjadi kata-kata yang akan diperebutkan oleh perusahaan besar dengan kekuatan dan anggaran yang lebih besar.
3. Gunakan alat Google
Tebak tidak hanya. Google memiliki beberapa alat bagus yang dapat membantu Anda menemukan apa yang populer untuk dicari.
Di Google Trends, fasilitas web publik yang berbasis pada mesin Pencarian Google, menunjukkan seberapa sering istilah pencarian tertentu dimasukkan relatif terhadap total volume pencarian di berbagai wilayah di dunia, dan dalam berbagai bahasa termasuk daftar pencarian populer. Anda juga dapat memasukkan kata kunci dan melihat seberapa populer kata kunci tersebut, dibandingkan dengan frasa dan ide lain pada istilah yang serupa – untuk memilih kata yang paling banyak dicari.
Anda juga dapat menemukan kata kunci menggunakan alat iklan Google AdWords. Anda tidak perlu beriklan, Anda dapat membuat akun dan memilih menggunakan “Perencana Kata Kunci” di bawah menu “Alat”.
Langkah 2. Sesuaikan Konten Anda
Setelah Anda berhasil memilih kata kunci Anda, ada beberapa hal lain yang perlu Anda lakukan agar situs Anda mendapat peringkat tinggi di mesin pencari. Salah satunya adalah pembuatan konten. Anda harus membuat dan mendistribusikan konten yang relevan dan berharga (seperti pidato, tulisan, foto, atau seni lainnya) yang menarik dan melibatkan audiens target Anda yang ditentukan dengan baik. Pemasaran konten membantu kami menarik pelanggan baru dan membangun loyalitas dengan pelanggan yang sudah ada.
Untuk pelanggan yang sudah ada, ini juga bisa berarti mereka mengambil bagian dari konten relevan yang menciptakan penjualan tambahan dengan mempelajari lebih lanjut tentang penawaran Anda, dan lebih mahal produk / layanan daripada yang telah mereka lakukan sebelumnya. Berikut adalah beberapa tip yang perlu dipertimbangkan selama pembuatan konten:
1. Bekerja secara aktif dengan teks
Gunakan kata kunci dalam judul dan pembukaan semua halaman. Juga, sertakan kata kunci di body, semakin tinggi di teks, semakin baik untuk peringkat Anda.
Namun, berhati-hatilah untuk tidak menggunakan kata kunci Anda terlalu banyak. Google dapat menafsirkan situs Anda sebagai halaman omong kosong yang hanya mencoba menarik lalu lintas dan Anda turun dalam hasil pencarian. Aturan praktisnya adalah konten Anda harus terasa alami dan menarik. Yang tentunya juga penting bagi pengunjung Anda.
2. Jangan lupa foto Anda!
Ubah nama bahkan foto Anda dengan kata kunci yang relevan. Ini akan memungkinkan mesin pencari mengindeksnya dan Anda bisa mendapatkan hit bahkan dalam pencarian gambar. Jika Anda memiliki kesempatan untuk memasukkan teks alternatif untuk setiap gambar, jangan lepaskan kesempatan seperti itu.
Langkah 3. Dapatkan kunjungan dan tautan dari orang lain
Hal terpenting bagi mesin telusur adalah memberikan hasil yang baik dan relevan, ingat itulah bisnis utama mereka. Oleh karena itu, prioritas diberikan ke situs web yang dianggap mesin pencari lain menilai tinggi atau dianggap baik. Contohnya adalah situs dengan tautan dan banyak pengunjung yang bertahan lama untuk terlibat dengan situs tersebut. Oleh karena itu, ini sangat penting untuk:
1. Pastikan untuk mendapatkan banyak kunjungan ke halaman
Mintalah keluarga dan teman untuk mengunjungi situs web Anda. Dapatkan tautan atau URL di luar sana sesering mungkin, misalnya, Anda membuat video, memasangnya di YouTube dan tautan di sana – tetapi gabungkan semua konten di situs Anda dan tautkan ke sana.
2. Minta orang lain untuk menautkan ke situs Anda
Minta teman, mitra bisnis, atau pelanggan untuk menautkan ke Anda, mungkin sebagai imbalan untuk tautan balik atau berbagi kiat menarik di bidang Anda dan biarkan orang lain memasang konten dengan tautan ke Anda.
3. Bagikan situs Anda di media sosial
Berbagi situs web dan konten Anda di media sosial (tidak melupakan Google+ Google karena alasan yang jelas) sangat penting. Ini dapat memberikan kunjungan ke situs web, lebih banyak lalu lintas, perhatian, dan peringkat yang lebih tinggi
4. Mendorong pengunjung untuk berbagi
Ajak orang lain untuk membagikan situs dan konten Anda di media sosial, menggunakan tombol “bagikan”. AddThis adalah salah satu alat gratis yang memungkinkan Anda berbagi atau menandai halaman secara instan dengan satu alat yang mudah digunakan. AddThis juga bisa mendapatkan statistik tentang seberapa banyak konten Anda dibagikan.
Langkah 4. Revisi teknis
Bahkan bagaimana situs Anda dibangun secara teknis penting untuk peringkat Anda. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan:
1. Gunakan Alat Webmaster Google (Sekarang Google Search Console)
Google Search Console (alias Google webmaster) adalah alat luar biasa yang menawarkan banyak alat yang akan membantu Anda menganalisis situs Anda secara menyeluruh. Dari analisis ini, Anda dapat mengerjakan area masalah untuk membuat peringkat situs Anda lebih baik di mesin pencari terutama Google
2. Jadikan Situs Anda Ramah Seluler,
Dengan persentase yang baik dari populasi dunia yang memiliki perangkat seluler saat ini, masuk akal untuk memastikan bahwa situs Anda ramah seluler. Pengguna seluler juga mengharapkan pengalaman seluler yang baik saat mereka mengunjungi situs.
Jika situs Anda tidak ramah seluler, peringkatnya mungkin lebih rendah dalam penelusuran dari telepon seluler. Google baru-baru ini Google merilis algoritme peringkat ramah seluler baru yang signifikan yang dirancang untuk memberikan dorongan ke laman ramah seluler di hasil penelusuran seluler Google, oleh karena itu Anda tidak dapat salah dengan tawaran ini.
3. Pastikan halamannya cepat
Situs yang membutuhkan waktu lama untuk dimuat akan memiliki peringkat lebih rendah di mesin pencari. Google telah menunjukkan di masa lalu bahwa kecepatan situs dan halaman adalah salah satu sinyal yang digunakan oleh algoritmanya untuk menentukan peringkat halaman.
Kecepatan halaman juga penting untuk pengalaman pengguna, semakin lambat kecepatan situs / halaman Anda, semakin besar kemungkinan Anda memiliki rasio pentalan tinggi dan waktu rata-rata yang lebih rendah di situs Anda. Beberapa alat hebat yang dapat membantu Anda dengan kecepatan situs Anda adalah Google Pagespeed Insights dan GTmetrix. Ini adalah alat yang memberdayakan Anda untuk membuat keputusan yang meningkatkan kinerja situs web Anda.
Langkah 5. Gunakan Alat Analisis Web
Gunakan analitik untuk mengukur hasil dari upaya Anda atau untuk menentukan area mana di situs Anda yang berkinerja baik. Google Analytics menawarkan alat analitik perusahaan dan gratis untuk mengukur situs web, aplikasi, data digital dan offline untuk mendapatkan wawasan pelanggan.
Contoh: Google Analytics memungkinkan Anda melacak pengunjung ke toko Anda, dan membuat laporan yang akan membantu pemasaran Anda.
Di bawah “akuisisi” di Google Analytics pilih “semua lalu lintas” -> “Saluran” -> “penelusuran organik” sehingga Anda dapat di bawah “kata kunci” untuk melihat kata kunci mana yang paling banyak mendorong lalu lintas dan “sumber” yang mesin pencari. Dengan menggunakan alat webmaster Google, Anda memiliki akses ke alat tersebut di Google Analytics di bawah “akuisisi” -> “pengoptimalan mesin telusur”.
Langkah 6. Gunakan Google AdWords
Bisnis apa pun ukurannya, ingin ditemukan di halaman pertama Google. Dilihat oleh pelanggan pada waktu yang tepat ketika mereka mencari informasi, produk, layanan, penawaran, atau lokasi Anda adalah pemasaran yang bertujuan (pemasaran berdasarkan seseorang yang bermaksud menemukan produk Anda), dan menguntungkan.
Banyak bisnis menggunakan Google AdWords untuk mengarsipkannya dengan membuat kampanye iklan yang sangat efektif untuk memasarkan produk dan layanan mereka, mengarahkan lalu lintas ke situs web mereka, dan pada akhirnya, meningkatkan penjualan.
Saya harap artikel ini memberi Anda pandangan mendalam tentang pengoptimalan kata kunci dan Anda menemukan satu atau lebih tip di atas berguna.
Related Posts
Categories
- Tutorial(35)
- Uncategorized(1)
- Website(144)